Manado (ANTARA) - Bupati Minahasa Dr Royke Octavian Roring memohon Kementerian Kesehatan (Kemenkes)  menyiapkan alat pemeriksaan PCR COVID-19 di RS Sam Ratulangi (Samrat) Tondano, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami memohonkan beberapa hal diantaranya  Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022 dan penyediaan pemeriksaan PCR di RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano," kata Bupati Royke  di Tondano, Senin.

Dia mengatakan untuk PCR yang pihaknya mohonkan disertai pengurusan izin operasional sehingga bisa diakses oleh pelaku perjalanan masyarakat Minahasa.

Agar supaya rakyat Minahasa yang akan melakukan perjalanan mendapat kemudahan tidak perlu lagi jauh-jauh ke kota lain," terang Bupati.

Selain itu juga, katanya, Pemkab Minahasa turut mengajukan permohonan bantuan vaksin dan rapid antigen.

Terkait fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Minahasa, pemimpin yang sangat dekat dengan rakyat itu mengajukan nomor registrasi bagi Puskesmas Tompaso Barat permohonan pembangunan Puskesmas Tondano Barat dan Puskesmas di Kawangkoan.

"Apabila permohonan kita soal pembangunan Puskesmas di wilayah Kecamatan Tondano Barat dan di Kecamatan Kawangkoan diterima, Tuhan berkenan maka nantinya di akhir kepemimpinan kami sebagai Bupati dan Wakil Bupati, di Kabupaten Minahasa sudah ada puskesmas di semua kecamatan," kata Bupati Roring.

Sementara itu dr Maxi Rondonuwu yang secara definitif menjabat Sesditjen P2P Kemenkes RI itu merespon positif permohonan Pemkab Minahasa yang dibawa langsung oleh Bupati Royke Roring dan Wabup Robby Dondokambey.

Rondonuwu yang juga mantan Direktur RSU Prof R D Kandou Manado itu berjanji akan mempelajari dan menindaklanjuti permohonan tersebut, apalagi beliau adalah putera daerah Sulut yang dipercayakan pimpinan berkarir di Kemenkes.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024