Manado, (Antara Sulut) - Presiden Markplus Inc, Hermawan Kartajaya, menyerahkan penghargaan Manado service Excellence Award (MSEA) 2011 kepada sejumlah perusahaan di Manado dalam upaya membantu memasarkan para local champion atau perusahaan yang dinilai bagus di Manado.

Penghargaan diberikan disela-sela seminar marketing "Beyond Extraordinary Service" yang diselenggarakan Markplus Manado, Sabtu.

Para penerima "best champion" MSEA 2011 tersebut yakni BNI (conventional banking), Adira Finance (motorcycle leasing), Telkomsel (cellular operator GSM), Telkom Flexi (cellular operator CDMA), Telkom Speedy (internet provider), RSU Advent (private hospital), Prodia (clinic laboratory), Esther (Beauthy Clinic), Happy Puppy (Family Karaoke), Bluebird Group Taxi (Taxi Operator) dan Honda PT Daya Adicipta Wisesa (Motorcycle Dealer).

Penilaian MSEA 2011 didasarkan pada survei yang dilakukan oleh Markplus Insight terhadap 1.000 responden di Manado pada Agustus hingga September 2011.

Survei menggunakan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin error 3,2 persen. Kriteria responden dalam survei ini adalah para pengambil keputusan pembelian untuk produk dan jasa tertentu, SEC (pengeluaran rumah tangga untuk kebutuhan rutin per bulan), dengan usia 21 hingga 55 tahun.

Survei ini mengukur dimensi pelayanan terhadap pelanggan meliputi tiga "touch point" yaitu pelayanan pada saat sebelum berinteraksi dengan petugas layanan, pelayanan pada saat interaksi dan pelayanan setelah melakukan interaksi.

Hermawan Kartajaya mengatakan pemberian award untuk memberikan penghargaan kepada "local champion" karena yang menang di nasional belum tentu menang di Manado.

"Para kepala cabang agar melaporkan perusahaannya yang menang ke pusat<' katanya.

Salah satu penerima award, Manager Branch Manado Telkomsel, Tomy Luxianto mengatakan penghargaan yang diberikan kepada Telkomsel merupakan penghargaan keduakalinya untuk wilayah Sulawesi karena sebelumnya pernah menerima Makassar Service Excellence Award.

"Dengan penghargaan ini kami akan lebih meningkatkan pelayanan. Penghargaan ini berkat customer juga," ujar pria asal Surabaya ini.


Pewarta : Agus Setiawan
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024