Manado, (Antara News) -  Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Manado akan mengembangkan lokasi sekitar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Bersehati dan untuk dijadikan sebagai kawasan minapolitan kota ini.

"Manado memang menjadi salah satu dari 20 kota yang dijadikan contoh kawasan minapolitan, cuma saja ada beberapa persyaratan yang belum terpenuhi dan kami sedang membuat telaahan staf agar hal tersebut bisa segera dilaksanakan," Kata kepala dinas Kelautan dan Perikanan Manado, Spener Tahulending, di Manado, Jumat.

Tahulending menjelaskan berdasarkan penjelasan dari Dirjen  Kelautan dan Perikanan persyaratan yang harus dipenuhi untuk sebuah kawasan minapolitan adalah harus ada surat menteri bahwa satu kota menjadi kawasan minapolitan, kemudian SK kepala daerah dan mengacu pada RTRW serta membentuk kelompok kerja (Pokja).

Untuk syarat surat Menteri Kelautan dan Perikanan sudah dipegang kota Manado, tetapi Pokja dan SK Wali Kota yang mengacu RTRW Manado belum punya, sebab sekarang pemerintah ini menyosialisasikan RTRW sehingga masih menunggu itu, kata Tahulending.

"Tetapi kami sudah menyusun telaahan staf dan tinggal memasukannya kepada wali kota untuk dijadikan bahan pertimbangan untuk mengeluarkan SK yang baru, dan untuk RTRW lokasinya ditunjuk di Tumumpa, tetapi itu adalah milik provinsi, sehingga kita mengupayakan Calaca ini yang dijadikan sebagai rujukan untuk dikembangkan," jelas Tahulending.  

Ia mengakui, Manado sudah beberapa tahun ditunjuk menjadi salah satu kawasan minapolitan di Sulawesi Utara tetapi karena masih memenuhi beberapa maka masih dijadikan pembahasan penting, namun Tahulending mengatakan itu adalah obsesi mereka untuk digolkan supaya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah ini, khususnya nelayan.

Bahkan untuk mencapai hal tersebut nantinya kawasan di sekitar TPI Calaca akan disterilkan, supaya hanya ada kegiatan yang berhubungan dengan pelelangan ikan serta yang berkaitan dengan aktifitas bongkar muat dan jual beli ikan saja, tidak ada saling tumpang tindih dengan pelindo, jelas Tahulending.

Kepala bidang perikanan  Dinas kelautan dan Perikanan Manado Jesta Saruan menambahkan untuk menyukseskan upaya mengembangkan minapolitan di Manado kajian-kajian terkait hal tersebut sedang disusun.

Saruan juga menambahkan kawasan Calaca akan dikembangkan karena untuk wilayah Tumumpa tidak begitu mendapatkan respon positif dari Dirjen Keluatan dan Perikanan sebab infrastruktur jalan ke kawasan tersebut belum memadai, sehingga disangsikan apakah bisa dijadikan sebagai kawasan minapolitan atau tidak.


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024