Manado (ANTARA) - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia(Genbi) di Provinsi Sulawesi Utara(Sulut) mendapatkan beasiswa pendidikan dari Bank Indonesia.

"Ada sebanyak 225 mahasiswa dari empat universitas di Sulut mendapatkan beasiswa dari BI," kata Kepala Kepala BI Perwakilan Sulut, Arbonas Hutabarat, di Manado, Selasa.

Arbonas mengatakan dari 225 penerima beasiswa tersebut, sebanyak 75 mahasiswa dari Unsrat, 50 mahasiswa Unima, 50 mahasiswa IAIN, dan 50 mahasiswa Unklab.

Dikatakan, Arbonas bahwa program ini bagian dari Dedikasi Untuk Negeri ini dan sudah ada sejak 2011, dan lebih dari 25.000 mahasiswa sudah mendapatkan beasiswa tersebut.

“Ini untuk mengembangkan kapasitas SDM menjadi lebih unggul, dan beasiswa diberikan satu tahun untuk mahasiswa yang lulus seleksi,” ungkap Arbonas.

Dijelaskannya GenBI memiliki visi yaitu menjadikan kaum muda Indonesia sebagai generasi yang kompeten dalam berbagai bidang keilmuan serta dapat membawa perubahan positif dan menjadi inspirasi bagi bangsa dan negara. GenBI juga memiliki sejumlah misi.

“Misinya menggagas berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk Indonesia yang lebih baik (INITIATE), menjadi garda terdepan dalam melakukan aksi nyata untuk pembangunan bangsa (ACT), peduli dan berkontribusi untuk pemberdayaan masyarakat (SHARE), berbagi inspirasi dan motivasi untuk menjadi energi bagi negeri (INSPIRE),” jelasnya.

Dari beasiswa ini, katanya, diharapkan GenBI dapat menjadi tiga pilar yakni pertama Frontliners. Di mana mereka menjadi garda terdepan di dalam mengkomunikasikan BI secara kelembagaan dan berbagai kebijakan BI kepada sesama mahasiswa dan masyarakat umum.

“Kedua agent of change, yaitu menjadi agen perubahan dengan cara menjadi role model atau teladan di kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat. Terutama role model atau teladan dari 2 faktor utama yaitu perilaku dan prestasi. Terakhir sebagai future leaders, yaitu menjadi pemimpin muda di berbagai bidang dan tingkatan,” katanya.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024