Sulut, Sangihe (ANTARA) - Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara Jabes Ezar Gaghana berharap,
Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) segera terbentuk di daerah itu.

"Kami berharap TPAKD segera terbentuk di Kabupaten Sangihe guna membantu masyarakat dalam mengembangkan usahanya," kata Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Herry Wolf di Tahuna, Jumat (9/4)malam.

Menurut Bupati, saat sosialisasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bertempat di ruang rapat kantor Bupati, TPAKD merupakan forum koordinasi antar instansi untuk meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.

"Pembentukan TPAKD sebagai wujud sinergi Otoritas Jasa Keuangan dan pemangku kepentingan di daerah guna mendorong perluasan akses keuangan di daerah sehingga mendukung pengembangan potensi sektor unggulan dan prioritas di daerah," kata Bupati.

TPAKD bertujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh akses pembiayaan dan permodalan dengan mendayagunakan digitalisasi masyarakat diberbagai pelosok daerah dengan mudah dan cepat serta transparan.

Diharapkan kemitraan strategis antar instansi perangkat daerah dan pelaku industri jasa keuangan dapat menciptakan sumber-sumber ekonomi kerakyatan yang baru.

Selain itu juga pembentukan TPAKD ini dapat memperluas kesempatan kerja dan mewujudkan pemerataan ekonomi di daerah.

"Kiranya dengan terbentuknya TPAKD dapat memperkuat sinergi antar pemerintah daerah dan OJK serta pelaku industri keuangan yang ada di Sangihe," kata Bupati.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024