Minahasa Utara (ANTARA) - Semakin menurunnya angka penyebaran Covid-19 di Minahasa Utara (Minut), membuat Pemkab Minut mulai melonggarkan. Diantaranya, obyek wisata di Likupang telah dibuka kembali.
Hal itu dituangkan dalam surat edaran bernomor 40/BMU/III/2021 yang ditandatangani Bupati Minut Joune Ganda (JG) dan berlaku sejak pekan lalu. Selain itu, jam operasional pusat keramaian lainnya, seperti rumah makan dan swalayan diperpanjang hingga pukul 22.00 wita.

Diungkapkan JG, kebijakan itu diambil setelah angka penularan Covid-19 di Sulut, khususnya Minut semakin melandai. Minut telah berada pada zona oranye penyebaran Covid-19.
“Oleh karena adanya penurunan kasus bahkan pada beberapa minggu yang lalu bahkan tidak ada kasus maka setelah melalui analisa dan kajian yang komperhensif maka kami memutuskan membuka kembali tempat wisata 50 persen dan memperpanjang operasional rumah makan sampai jam 10 malam. Hal ini untuk mendorong perekonomian masyarakat yang terdampak pandemic Covid-19,” terangnya didampingi Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung.

Meski begitu, dia menambahkan semua tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.
Dikatakannya,  pihaknya juga akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Sulut agar dapat mempersiapkan rapid test antigen supaya bisa digunakan secara random oleh para wisatawan yang akan datang ke tempat wisata.
“Khusus untuk Pantai Paal di Desa Marinsow dan Pulisan yang sudah siap dengan homestay bantuan kementrian pusat dan harus dimanfaatkan. Kami akan mendorong agar OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada di lingkup Pemkab Minut ikut pula memanfaatkan homestay yang ada di sana.
Menurutnya, pembukaan destinasi wisata ini untuk mengantisipasi akhir pekan yang biasanya banyak masyarakat akan berdarmawisata.

Akhir pekan lalu, JG dan rombongan bersepeda dengan melalui track yang akan digunakan pada even Dualthon, 3 April mendatang.

Pewarta : Guido Merung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024