Sulut, Sangihe (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menerima penghargaan Harmony Award 2020 dari Kementerian Agama RI.

"Penghargaan diserahkan  Sekjen Kementerian Agama Prof Dr Hi Nizar Ali kepada Bupati Jabes Ezar Gaghana dan Ketua FKUB Amrosius Makasar didampingi oleh ketua TP PKK Sangihe, Hermin Ririswati Gaghana Katamsi di Jakarta," kata Irianto Manumpil, Plt Kabag Protokol Pemkab Sangihe, Rabu.

Bupati Jabes Gaghana mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sangihe dan FKUB Sangihe secara bersama-sama menerima Harmony Award 2020 dari Kementerian Agama.

"Kabupaten Sangihe merupakan satu-satunya daerah tingkat dua di Indonesia yang menerima Harmony Award secara bersama-sama dengan FKUB, sedangkan untuk tingkat provinsi hanya diterima oleh DKI Jakarta," kata Bupati

Penghargaan ini merupakan prestasi seluruh masyarakat Kabupaten Sangihe yang dapat mempertahankan kerukunan antar umat beragama.

"Masyarakat Kabupaten Sangihe dapat menjaga dan memelihara kerukunan sehingga bisa hidup berdampingan sekalipun berbeda agama," kata Bupati.

Penghargaan ini kata Bupati lebih memotivasi semua masyarakat agar kerukunan yang sudah tercipta selama ini dapat dipelihara dan ditingkatkan.

"Kita patut bersyukur sebab semua tokoh agama di Kabupaten Sangihe dapat mengayomi semua umat untuk mengedepankan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan setiap hari," kata Bupati.

Ketua FKUB Sangihe Pdt Amrosius Makasar mengatakan penghargaan yang diterima ini sangat berarti dalam meningkatkan motivasi dan kinerja FKUB untuk terus merawat, memelihara dan menguatkan kehidupan keagamaan serta kerukunan umat beragama.

"Penghargaan ini merupakan buah kerja keras semua umat beragama dalam memelihara serta memupuk kerukunan di Sangihe," kata Pendeta Amrosius.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024