Manado (ANTARA) - DPRD Manado, menyoroti masalah sampah yang sempat meresahkan warga, karena lokasi TPA yang penuh. 

"Ini adalah kegagalan pemerintah dalam menangani sampah, padahal bersama DPRD sudah pernah membahas masalah itu, tetapi masih belum terlaksana dengan baik," kata Legislator Manado, Hengky Kawalo, SE, di Manado. 

Dia mengatakan, seharusnya dengan semua solusi yang sudah dibahas bersama oleh pemerintah dan DPRD, masalah sampah minimal dapat diatasi sementara. 

Karena menurutnya adalah solusi jangka pendek, seperti insinerator yang diadakan untuk sejumlah kecamatan, tetapi sampah malah menjadi masalah yang tak berpenjangan. 

"Bahkan dalam beberapa hari ini, sampah menggunung dimana-mana, jadi harus diatasi segera," katanya. 

Dia mengatakan, saat ini Pemprov Sulut sedang mengupayakan penyelesaian TPA Ilo-Ilo semoga bisa selesai secepatnya sehingga bisa menjadi solusi bagi masalah sampah di Sulut termasuk Manado. 

Sementara Legislator Jeane Lalujan, mengingatkan agar masalah sampah diselesaikan secara komprehensif, jangan separuh-separuh supaya tidak lagi membuat resah warga. 

Karena menurutnya kondisi seminggu belakangan dimana sampah banyak yang tak terangkut menjadi pemandangan yang tidak elok. *** 

 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024