Minggu, 22 Oktober 2017

PERINGATAN HUT KE-27 KOTA BITUNG TERBILANG UNIK

id Peringatan HUT ke-27 Kota BitungTerbilang Unik
PERINGATAN HUT KE-27 KOTA BITUNG TERBILANG UNIK
Wali Kota Bitung Maxmiliaan Jonas Lomban SE MSi dan Ketua TP PKK Kota Bitung dra Khouni Lombang Rawung MSi, Wakil Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri dan Wakil Ketua TP-PKK Ir Ritha Mantiri Tangkudung (1)
"Saya dan Pak Maurits beserta pejabat Pemkot Bitung mengucapkan Selamat memperingati Hari Ulang tahun Kota Bitung yang ke-27! Dirgahayu Kota Bitung! Bitung Hebat!" tutup Lomban
    Bitung,  (AntaraSulut) -Peringatan Hari Ulang Tahun Kota Bitung yang ke-27 terbilang unik, atas komitmen Wali Kota Bitung Max J Lomban dan Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri dalam melestarikan budaya Indonesia mengajak setiap Esselon II dan Esselon III ASN Kota Bitung untuk menggunakan pakaian adat khas Indonesia saat pelaksanaan Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT Kota Bitung serta Upacara Bendera di Stadion Duasudara Kota Bitung (10/10/2017). 


    Wali Kota Bitung Max J Lomban SE, MSi bersama Wakil Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri terlihat kompak menggunakan pakaian adat Minahasa, bersama Sekretaris Daerah Kota Bitung Drs Audy Pangemanan, Ketua TP PKK Kota Bitung Dra Khouni  Lomban Rawung dan Wakil  Ketua TP-PKK Ir Ritha Mantiri Tangkudung , dan Ketua DWP Kota Bitung dr Rinny Pangemanan Tinangon. Beragamnya adat dan budaya Indonesia pun terlihat di ruang rapat DPRD Kota Bitung ketika masing-masing Esselon II dan Esselon III, ASN Kota Bitung menggunakan pakaian adat dari Aceh, Kalimantan, Jawa, sampai Papua. Hal tersebut membuat decak kagum beberapa undangan yang hadir termasuk Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw.

 Dalam sambutannya Lomban mengatakan bahwa hari ini ditandai dengan kebangkitan perikanan Bitung karena terjadi penandatanganan MoU antara pihak pengusaha penangkapan, pihak pengusaha pengolahan, termasuk para supplier ikan yang akan membuat perikanan Kota Bitung maju lagi, Kementrian Perikanan sudah menerbitkan beberapa ijin penangkapan yang sebelumnya dilarang. "Lewat komitmen bersama ini sektor perikanan Kota Bitung dapat berjaya lagi bahkan pekerja yang sudah di PHK dapat dipekerjakan kembali," kata Lomban. 

    Rapat paripurna ditutup dengan pemasangan lilin HUT ke-27 oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung bersama Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw Ketua DPRD Kota Bitung, Ketua dan Wakil TP-PKK Bitung. Selanjutnya rangkaian kegiatan peringatan HUT Kota Bitung dilanjutkan dengan Upacara di Stadion Duasudara Kota Bitung. Walikota Bitung sebagai Irup diawal sambutannya mengatakan ucapan selamat memperingati HUT Kota Bitung yang ke-27 kiranya momentum ini dapat memotivasi kita semua untuk bekerja keras,bekerja cerdas, bekerja tuntas dan bekerjasama dalam persatuan dan kesatuan melaksanakan pembangunan demi kemajuan Kota Bitung. 

    Sejarah Pembangunan Kota Bitung sesungguhnya sudah dimulai semenjak 40 Tahun lalu dengan ditandainya penetapan Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 1975 10 April 1975 ketika Bitung diresmikan menjadi Kota administratif yang pertama di Indonesia. Dalam perkembangannya Bitung dengan julukan kota serba dimensi meningkat statusnya menjadi Kota Madya Daerah Tkt. II Bitung berdasarkan UU No 7 Tahun 1990 pada 10 Oktober 1990. 

 "Lewat sejarah yang panjang Bitung menjadi kota yang berkembang di dalam lembaran dinamika  pembangunan, pada kesempatan ini kami memberikan ucapan terima kasih bagi segenap mantan pejabat dan semua anak bangsa yang sudah berkarya dan berdedikasi bagi Kota Bitung sehingga menjadi inspirasi dan memotivasi kami dalam melakukan hal yang sama bagi Kota Bitung, sejak 2016 Hut Kota Bitung sudah dirangkaikan dengan Festival Pesona Selat Lembeh," kata Lomban.

    Hal ini selain untuk memeriahkan HUT ke-27 Kota Bitung ini juga juga menjadi momentum yang tepat sebagai masyarakat Kota Bitung untuk termotivasi mempersembahkan kerja dan karya terbaik lewat pembangunan sektor wisata dan budaya". tutur Lomban. Lanjutnya lewat suksesnya penyelenggaraan event Festival Pesona Selat Kota Bitung 2017 menjadi tanggung jawab yang besar bagi kita semua untuk berbenah dan memberikan yang terbaik bagi pelaksanaan tahun depan. Saat ini ada empat kendaraan sebagai transportasi gratis yang dipersiapkan bagi guru dan siswa di pulau Lembeh Utara dan Selatan sehingga diharapkan dapat menunjang sektor pendidikan di Pulau Lembeh. Nantinya akan disediakan juga fasilitas yang sama di Batuputih dan Makawidey, serta Pemerintah Kota Bitung sedang mempersiapkan lahan pekuburan gratis bagi masyarakat Kota Bitung. 

    "Saya dan Pak Maurits beserta pejabat Pemkot Bitung mengucapkan Selamat memperingati Hari Ulang tahun Kota Bitung yang ke-27! Dirgahayu Kota Bitung! Bitung Hebat!" tutup Lomban. (***Advetorial***)

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga