Manado (ANTARA) - Bawaslu Kota Manado, bergerak serentak melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pencocokan dan penelitian data dukungan pasangan bakal calon jalur perseorangan, mulai 24 Juni 2020. 

"Penelitian dan pecocokan data untuk dukungan bakal calon dari jalur perseorangan akan dilakukan sampai 12 Juli nanti oleh KPU yang kami awasi langsung," kata Pimpinan Bawaslu Manado, Heard Runtuwene, di Manado. 

Heard mengatakan  pencocokan data tersebut merupakan tahapan yang saat ini berlangsung sebelum dukungan dinyatakan sah dan pasangan memenuhi syarat atau tidak. 

Dia menegaskan, pengawasan terhadap pemutahiran data tersebut dilakukan ketat, untuk memastikan tidak ada data yang palsu atau tak sesuai dengan yang diumasukan. 

Menurutnya hasil pencocokan dan penelitian data tersebut akan menjadi pegangan bagi KPU selaku penyelenggara untuk menetapkan bakal calon tersebut memenuhi syarat atau tidak.   
   
Sebelumnya, katanya pasangan bakal calon dari jalur perseorangan itu sudah membawa berkas dukungan ke KPU untuk diperiksa dan dinyatakan memenuhi syarat yang diperlukan. 

Hasil pemeriksaan itulah, katanya akan diperiksa secara faktual oleh KPU untuk memastikan semuanya benar dan bukan fiktif. 

Runtuwene berharap kiranya pencocokan dan penelitian data pemilih yang mulai dilakukan bisa berjalan masksimal dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024