Tomohon (ANTARA) - Gugus tugas mengimbau warga Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, untuk mewaspadai penularan COVID-19 melalui transmisi lokal.

"Akumulasi warga Kota Tomohon, Sulut yang terjangkit COVID-19 telah mencapai 40 orang setelah ketambahan dua kasus baru. karena itu mengimbau masyarakat  mewaspadai transmisi lokal yang masih berjalan di daerah ini," kata  Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Tomohon, Yelly Potuh di Tomohon, Rabu.

Langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi ini yaitu dengan mematuhi poin-poin pada maklumat Kapolri dan maklumat Wali Kota Tomohon.

Selain itu, tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan antara lain menjaga jarak fisik dengan orang lain serta  memakai masker jika berada di luar rumah.

Selanjutnya, hindarilah menyentuh bagian wajah terutama mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan, katanya. 

"Kita harus saling mengingatkan apabila menemui saudara, kerabat, tetangga, kenalan, atau orang lain yang tidak mematuhi himbauan pemerintah serta tidak menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Ini demi kebaikan kita bersama," ujarnya. 

Gugus tugas, lanjut dia akan melakukan penyemprotan disinfektan rumah tinggal dan lingkungan sekitar pasien terkonfirmasi positif COVID-19 baru berkoordinasi dengan pemerintah kelurahan.

Kedua kasus baru pasien terkonfirmasi positif tersebut yaitu, kasus 39, laki-laki 32 tahun, asal Kecamatan Tomohon Utara yang sebelumnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sementara dirawat di ruang isolasi RSUD Tomohon.

Kasus 40, perempuan berusia 38 tahun dari Kecamatan Tomohon Barat, KERT dengan pasien yang terkonfirmasi positif dan sementara dirawat di ruang isolasi salah satu rumah sakit swasta di Tomohon.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024