Manado (ANTARA) - Bawaslu Sulawesi Utara (Sulut) melakukan berbagai upaya, langkah dalam mengantisipasi dan pencegahan penyebaran Virus Corona (COVID-19) diantaranya menunda semua kegiatan yang .bersifat mengumpulkan massa.

"Rapat  koordinasi dan konsultasi,  bimbingan teknis, sosialisasi antarsesama pengawas pemilu serta pengawas pemilu dengan pemangku kepentingan dilakukan dengan menggunakan ruang media komunikasi dan informasi teknologi yang ada," kata Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, di Manado, Rabu.

Dia  mengatakan selain mengubah sejumlah kebijakan yang telah direncanakan sebelumnya, juga melakukan berbagai hal terkait dengan keamanan dari kemungkinan penyebaran virus corona. 

"Koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan penyemprotan disinfektan di Kantor Bawaslu. Serta melakukan pemeriksaan kesehatan ke personel jajaran Bawaslu," katanya.

Ia mengatakan terkait dengan verifikasi faktual dukungan pemilih terhadap bakal calon perseorangan di Manado, Tomohon, Minsel, dan Minut, hendaknya  melakukan koordinasi dengan KPU dan Dinkes setempat terutama upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Sulut pada tahun 2020 akan melaksanakan Pilkada serentak  pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pemilihan wali kota dan wakil wali kota Bitung, pemilihan bupati dan wakil bupati Minahasa Utara (Minut), Pemilihan wali kota dan wakil wali Kota Manado, pemilihan wali kota dan wakil wali Kota Tomohon, bupati dan wakil bupati Minahasa Selatan, bupati dan wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur serta pemilihan bupati dan wakil bupati Bolaang Mongondow Selatan.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024