Manado (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Perkebunan mengkonsetrasikan bantuan mesin pengolah minyak goreng dan "Virgin Coconut Oil" (VCO) kepada petani Sulut.

"Pemberian bantuan mesin kepada petani kelapa ini untuk menyiasati turunnya harga kopra," kata Kepala Dinas Perkebunan Sulut Ir Refly Ngantung di Manado, Selasa.

Pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw memberikan bantuan peralatan untuk usaha diversifikasi pada tahun 2019 sebanyak 45 unit mesin pengolah minyak goreng dan VCO. 

"Harapannya, adanya mesin pengolahan minyak kelapa dan VCO agar dapat memberikan nilai tambah terhadap produksi yang dihasilkan," ujarnya.

Dampak positif yang dapat diterima petani kelapa adalah terjadinya meningkatkan pendapatan dan serta secara langsung dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan. 

Di sisi lain, lanjut dia, pemerintah tetap berupaya untuk menaikan harga kopra sehingga diharapkan di awal tahun 2020 harga kopra naik. 

Upaya Dinas Perkebunan meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman kelapa, kata dia, dilakukan dengan melaksanakan pelepasan varietas kelapa ODESKA Lobu dari unggul lokal ke unggul nasional.

"Pada tahun lalu kita berhasil mendapatkan tanda daftar Kelapa ODSK Apela dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman Kelapa (PPVT) Jakarta," katanya.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024