Manado (ANTARA) - Pemerintah kota (Pemkot)  Manado, menargetkan meraih nilai A, untuk laporan akhir evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) 2020 ini. 

Hal tersebut ditegaskan Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, menyusul prestasi nilai BB untuk SAKIP 2019 yang diraih Pemkot Manado, berdasarkan penilaian akhir dari evaluasi evaluasi Kementerian PAN-RB yang dipimpin Menpan Tjahyo Kumolo. 

Lumentut mengatakan, Pemkot Manado akan berupaya meningkatkan kualitas SAKIP,  yang fokus pada pencapaian prioritas pembangunan melalui perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, efisien, serta monitoring dan evaluasi hasil-hasil pembangunan yang dilakukan secara konsisten dan berkala.

Juga katanya, orientasi kinerja  tidak lagi sekedar bekerja dalam membuat laporan atau serapan anggaran, namun bagaimana menciptakan multiplier effect bagi kemajuan kualitas hidup masyarakat, dimana hasil pembangunan dan kinerja Pemkot Manado harus dirasakan manfaatnya.

Dia menegaskan,  SAKIP yang merupakan hasil akhir dari LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) di Kota Manado selama ini dinilai baik oleh pusat dalam hal komitmen penguatan tata kelola dan akuntabilitas pemerintahan. 

Pemkot Manado telah menciptakan sistem akuntabilitas kinerja yang telah terintegrasi, dimulai dari sistem perencanaan, penganggaran dan sistem pelaporan kinerja.

Manado mendapatkan nilai BB untuk hsil akhir SKAIP 2019 dari Kementerian PAN-RB, dimana penghargaan diterima oleh Sekretaris daerah kota Micler Lakat, di  Jogyakarta, tepatnya di Tentrem Ballroom, Hotel Tentrem, Jalan. P. Mangkubumi, Nomor 72A Yogyakarta, Senin (24/02), mewakili wali kota Manado.***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024