Manado (ANTARA) - PT PLN (Persero) Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (Suluttenggo) menargetkan rasio elektrifikasi di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sampai akhir tahun 2020 mencapai 100 persen.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Suluttenggo Christyono di Manado, Jumat, mengatakan upaya untuk menambah ketersediaan listrik, terutama di daerah terpencil, adalah dengan melakukan pendataan lebih lanjut. 

"Kita menargetkan akhir tahun 2020 ini mencapai 100 persen, dan semua tenaga PLN dikerahkan mendata semua desa, keluarga mana saja yang belum ada aliran listrik," kata Christyono dalam Media Gathering tahun 2020.

Christyono mengatakan PLN terus bekerja keras dalam membangun jaringan listrik di seluruh pelosok Sulawesi Utara untuk mencapai target rasio elektrifikasi tersebut.

"Agar listrik tidak hanya menjadi sebuah harapan belaka, tetapi benar-benar bisa dirasakan dan dinikmati oleh seluruh masyarakat," ujarnya.

Salah satu upaya mewujudkan sasaran tersebut adalah dengan memberikan sambungan listrik baru bagi rumah tangga tidak mampu.

Pemberian sambungan secara gratis ini diberikan, karena banyak konsumen yang tidak mampu membayar biaya sambungan listrik, tapi masih sanggup membayar iuran per bulan.

Untuk itu, kata dia, program karyawan PLN seluruh Indonesia telah memberikan bantuan berupa penyambungan listrik untuk rumah tangga tidak mampu.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024