Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, menyatakan  siap mengucurkan 40 persen anggaran pemilihan wali kota, wakil wali kota dan gubernur wakil gubernur  Sulawesi Utara, pekan ini, kepada KPU Manado. 

"Kami menerima penyampaian tersebut dari Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Milik Daerah Manado, Johnly Tamaka, saat bertemu pekan lalu," kata Ketua KPU Manado, Jusuf Wowor, di Manado, Selasa.

Dia menjelaskan, pekan lalu, pihaknya sudah mendatangi kantor wali kota, dan menyampaikan hal tersebut, sebab tahapan sudah berjalan sedangkan anggaran belum cair, dan ternyata mendapatkan respon positif. 

Hasilnya, kata Meneer, sapaan  akrabnya Wowor mengatakan, jika semua administrasinya sudah selesai, maka dalam pekan ini,  40 persen anggaran atau termin pertama dananya akan ditransfer pemerintah ke rekening KPU Manado. 

Di sisi lain, dia mengatakan, untuk termin pertama ini, KPU Manado akan menerima dana sekitar Rp16 miliar, atau 40 persen dari Rp41 miliar yang menjadi anggaran pemilihan wali kota, wakil wali kota Manado, gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara 2020. 

Ia menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Pemkot  yang sudah mendukung KPU Manado dalam melaksanakan pemilihan kepala daerah, dengan menyiapkan anggaran dan menjadwalkan pencairannya. 

"Pemkot sangat mendukung kami, apalagi tahapan sudah berjalan dan banyak kegiatan yang harus dilakukan sehingga dukungan Pemkot sangat membantu KPU," katanya. 

Pemkot Manado menganggarkan dana pemilihan kepala daerah di Manado sebesar Rp41 miliar, yang dibagi dalam APBD perubahan 2019 Rp1 miliar dan ditambah Rp40 miliar di induk 2020, yang diberikan dalam bentuk hibah. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024