Manado (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mendorong pelaku Industri kecil menengah (IKM) untuk masuk di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Likupang.

"Tahun ini pemerintah akan membangun lagi KEK Pariwisata Likupang, dan sebelumnya sudah dibangun KEK Bitung," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Edwin Kindangen di Manado, Jumat.

Dia mengatakan jika IKM Sulut bisa masuk ke KEK Bitung maupun KEK Pariwisata Likupang, kualitas IKM akan semakin tinggi.

"Di KEK Bitung,   selain industri besar yang akan bergerak di sana tapi secara otomatis IKM akan turut terlibat di kawasan tersebut," katanya.

Pemerintah, katanya, akan terus berupaya agar semua IKM di Sulut terus dibekali dan difasilitasi agar lebih berkembang.

"Guna mencapai target tersebut, Disperindag akan melakukan pendampingan dan pelatihan ekstra, baik dalam manajemen pengolahan, pengemasan, maupun pemasaran," jelasnya.

IKM baik pangan, sandang, kimia dan bahan bangunan, logam dan elektronik serta kerajinan akan sama-sama dipacu agar mendapat pasar di KEK Bitung nanti.

Pemerintah menyatakan Bitung siap dijadikan KEK baru di Indonesia. Tidak hanya bagi Sulawesi Utara (Sulut), KEK Bitung juga akan memberi dampak positif bagi perekonomian nasional. Begitu pula dengan KEK pariwisata Likupang, Provinsi Sulawesi Utara (Minut).

Penetapan Bitung dan Likupang sebagai KEK karena memiliki posisi geografis sangat strategis sebab daerah ini berada di jalur perdagangan dunia serta pusat distribusi barang dan jasa, katanya, sambil menambahkan hal ini membuat perdagangan nasional dan internasional prospektif.
 

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024