Manado (ANTARA) - Bawaslu Kota Manado, menggencarkan sosialiasi netralitas ASN di Manado, dalam rangka pemilihan wali  kota, wakil wali kota Manado, gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara 2020. 

Humas Bawaslu Manado, Taufik Bilfaqih, mengatakan, sosialiasi netralitas ASN itu dilakukan Bawaslu bersama Panwascam, terutama di wilayah Kecamatan Wanea. 

"Panwascam Wanea mendatangi kantor kecamatan dan menyampaikan hal tersebut, kepada camat selaku kepala wilayah sehingga mengundang semua kepala lingkungan, lurah dan para ASN hadir untuk mendengarkan," katanya. 

Panwascam dalam sosialisasi tersebut, kata Bilfaqih, mengingatkan seluruh jajaran pemerintah untuk menjaga sikap dengan baik selama tahapan pemilihan kepala daerah. 

"Mengingat ini adalah sebuah keharusan yang harus dilakukan oleh seluruh jajaran pemerintah dan ASN, untuk menjaga netralitas," katanya. 

Dia mengingatkan, sosialisasi sebagai langkah antisipasi dipandang penting, mengingat sebentar lagi Manado, akan melakukan pemilihan wali kota, dan ada isu-isu tidak baik yang beredar. 

Dia mengatakan, pencegaha adalah langkah penting, untuk menghindari masalah dan pelanggaran di kemudian hari,  dalam pemilihan kepala daerah. 

Sementara ketua Panwascam Wanea, Joudie Rantung mengatakan, pihaknya terus mengingatkan hal tersebut kepada para ASN di wilayah tersebut. 

Apalagi sekarang sedang marak pengumpulan KTP-el, dia mengingatkan agar jangan sampai ada ASN maupun kepala lingkungan yang terlibat dan tidak netral. 

"ASN dan Kepala Lingkungan harus menjaga netralitas sebagaimana di atur dalam undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN," kata Joudie. *** 

 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024