Manado (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Manado, menyatakan, jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) di daerah tersebut pada Januari 2020, turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Kepala Dinas Kesehatan Manado, dr. Ivan Marthen,di Manado, Selasa, mengatakan hingga 20 Januari 2020,  15 Puskesmas di Manado melaporkan total penderita DBD sebanyak 14 orang. 

"Jumlah tersebut  turun jauh dibandingkan periode sebelumnya, karena pada 2019 lalu jumlah penderita DBD mencapai angka 409 orang," katanya. 

Ia menambahkan memang jumlah tersebut baru sampai  tanggal 20 Januari, tetapi data menunjukan menurunya grafik dibandingkan tahun sebelumnya. 

Laporan dari bawah menyebutkan hingga pertengahan Januari ini, jumlah penderita DBD terbanyak ada di kecamatan Singkil, tetapi itupun tidak signifikan.


"Di kecamatan Singkil, jumlah penderita DBD  sebanyak tiga orang, sedangkan di kecamatan lainnya rata-rata sampai dua orang," katanya. 

Bahkan katanya, di wilayah Kecamatan Bunaken dan Wanea belum ada laporan kasus DBD dan diharapkan tetap akan nol sampai akhir bulan ini. 

Ia mengajak  seluruh warga Manado untuk menerapkan pola hidup sehat, terutama gerakan 3M plus harus terus dilakukan, dengan demikian bisa melakukan pencegahan penyakit tersebut.***3***   

 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024