Manado (ANTARA) - PT BNI Kantor Wilayah Manado peduli korban banjir bandang di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan menyerahkan bantuan natura.

"Sejak tanggal 31 Desember 2019, Kabupaten Kepulauan Sangihe dilanda cuaca ekstrem dengan curah hujan yang tinggi. Sehingga sempat mengganggu perayaan malam tahun baru yang dilaksanakan oleh masyarakat Sangihe, baik di kota Tahuna maupun kawasan lainnya," kata Pemimpin BNI Wilayah Manado, Dandy Perwandi Sjamsudin di Manado, Minggu.

Dia mengatakan tanggal 1 Januari 2020, curah hujan sempat berangsur mereda, namun sore hari kembali turun dengan lebat, demikian juga pada tanggal 2 Januari 2020. Subuh tanggal 3 Januari 2020, masyarakat yang berada di Kampung Lebo, Belengang dan Barangkalang, Kecamatang Manganitu dikejutkan dengan banjir bandang, yang merenggut harta benda dan korban jiwa. 


Sebagai bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan  (Corporate Social Responsibility (CSR) “ PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Manado melalui BNI Cabang Tahuna memberikan bantuan kepada korban banjir melalui Program BNI Berbagi adalah program pemberdayaan kondisi masyarakat untuk mencapai taraf hidup lebih baik. 

Program tersebut dalam rangka mendukung dan mengimplementasikan Peraturan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan, salah satu program adalah bantuan sosial untuk korban bencana banjir.

BNI Kantor Cabang Tahuna bergerak cepat dengan berkoordinasi dengan Kantor Wilayah Manado dan Divisi Komunikasi Perusahaan Kantor Pusat BNI, untuk segera memberikan bantuan pada kesempatan pertama kepada masyarakat yang tertimpa bencana banjir bandang tersebut. 

Sabtu, 4 Januari 2020, dipimpin oleh Pemimpin Kantor Cabang Tahuna, Benny Rondonuwu, tim relawan BNI KC Tahuna bergerak ke lokasi bencana, dengan membawa natura bantuan dalam bentuk makanan siap saji (1000 nasi bungkus), air mineral, beras, susu bayi, makanan bayi, dan kebutuhan pokok lainnya. Setiba di Kampung Lebo, Tim BNI melapor ke Posko Bencana Alam Kabupaten Kepulauan Sangihe di Kantor Kapitalaung setempat. 

Tim BNI bergerak cepat langsung membagikan nasi bungkus dan air mineral kepada masyarakat yang menjadi korban bencana banjir bandang, serta bahan makanan di dapur umum posko bencana.

BNI KC Tahuna berencana akan menyalurkan makanan siap saji selama beberapa hari masa tanggap bencana, serta membantu menyalurkan bantuan material lainnya yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam kondisi darurat. Koordinasi terus dilakukan dengan Kantor Wilayah dan Divisi KMP untuk penyaluran bantuan selanjutnya.    
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024