Manado (ANTARA) - Direktur Utara PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) George Manurung mengatakan, hingga hari kedua dibuka fungsional tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) jumlah kendaraan melintas mencapai 9.327 unit.

"Natal dan Tahun Baru tahun ini, kami buka dari dua arah yaitu dari Manado-Bitung dan sebaliknya Bitung Manado," sebut Manurung di Manado, Minggu.

Saat pertama dibuka fungsional tanggal 20 Desember 2019, sebanyak 1.973 kendaraan melintas dari Bitung ke Manado, sementara 1.550 kendaraan melintas dari Manado ke Bitung.

Peningkatan terjadi di hari kedua, di mana sebanyak 3.468 kendaraan melintas dari arah Bitung ke Manado, sementara dari arah Manado ke Bitung sebanyak 2.336 kendaraan.

"Total kendaraan yang melintas di hari pertama yaitu sebanyak 3.523 unit dan di hari kedua sebanyak 5.804 unit," jelas Manurung.

Dia menyayangkan ada pengendara kendaraan roda dua yang memaksakan masuk tol meskipun sudah diperingatkan.

"Petugas patroli dibantu aparat kepolisian kembali mengingatkan mereka (pengendara roda dua) agar tidak memasuki tol. Semua ini dilakukan agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas," sebutnya.

Selain itu, hingga hari kedua dibuka fungsional masih ada beberapa pengendara yang bingung mana pintu masuk dan keluar tol.

Solusinya, ujar dia, pengelola jalan tol telah menambahkan rambu-rambu penunjuk arah yang dapat memudahkan pengguna jalan.

"Secara umum masyarakat cukup antusias karena dengan menggunakan jalan tol waktu perjalanan menjadi lebih singkat. Selain itu memudahkan masyarakat beraktivitas baik dari Kota Bitung ke Kota Manado ataupun sebaliknya," kata Manurung menambahkan.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024