Manado (ANTARA) - Sekretais Komisi IV DPRD Manado, Zakarias Tatukude, SE, minta agar pemerintah kota, melakukan tindakan antisipasi bencana di musim penghujan, untuk mencegah jatuhnya korban jiwa. 

"Bencana ini selalu terjadi hampir setiap tahun, dimana kalau musim hujan tiba yang disertai badai, pasti akan ada korban baik nyawa maupun harta, maka harus menjadi perhatian kita semua," kata Ko Sun, sapaan akrab, politisi PDIP Manado itu, di Manado. 

Dia mengatakan, Rabu (30/10) tercatat sudah ada 14 rumah yang rusak akibat terjangan angin kencang dan hujan, di wilayah Kecamatan Singkil dan Tuminting, dan ini harus segera diperhatikan dan ditindaklanjuti. 

Pemerintah kota, kata Ko Sun, harus segera mengajak semua pemangku kepentingan untuk melakukan tindakan penanggulangan, sehingga bisa menekan bahkan menghentikan jatuhnya korban, terutama jiwa manusia. 

"Semuia pihak, harus melakukan langkah penanggulangan berdasarkan tupoksi masing-masing, sehingga tidak akan menyebabkan jatuhnya korban jiwa," katanya. 

Sebab menurutnya, biasanya korban jiwa akan jatuh, jika ada tanah longsor, maka hal inilah yang harus diwaspadai, warga yang tinggal di daerah perbukitan harus diminta untuk segera mengungsi ketika hujan sudah lebih dari 15 menit, mengingat kontur tanah yang cepat jenuh karena sudah tak mampu menyerap air, akan longsor.   

"Juga warga yang tinggal di bantaran sungai harus diminta untuk mengungsi, supaya aman," katanya. 

Dia menambahkan langkah penanggulangan lainnya adalah memperbaiki infrastruktur, dalam hal ini selokan, harus  segera dibersihkan bersama oleh pemerintah kelurahan dan masyarakat sehingga ketika hujan turun tidak mampet dan meluber jalan raya.*** 


 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024