Manado (ANTARA) - Pemerintahan Republik Indonesia  telah  memberikan kesempatan dan porsi besar bagi pemuda untuk berperan menjalankan proses bernegara dan berbangsa.

"Pemerintah telah menunjukan komitmen untuk memberikan kesempatan dan bahkan porsi besar bagi peran dan tanggung jawab pemuda dalam ikut mengelola dan menjalankan proses negaraq dan bangsa, terlihat dalam susunan kabinet baru," kata tokoh pemuda Sulawesi Utara, Piet Hein Pusung di Manado, Senin.

Pusung mengatakan Presiden Jokowi mempercayakan para pemuda membantunya dalam pemerintahan Indonesia maju, membuktikan bahwa saat ini kesempatan terbuka luas bagi pemuda untuk diberikan tanggung jawab yang besar.

"Mari kita meningkatkan skill di bidang masing-masing, atau meningkatkan kepakaran (expertise) agar dapat bersaing di era yang semakin kompetitif," ucapnya.

Tekad dan komitmen pemuda adalah untuk memajukan Indonesia agar dapat bersaing dengan negara lain.

“Pemuda sekarang harus punya komitmen, tekadnya sama, semangatnya harus berjuang bagaimana Indonesia ini setelah merdeka menjadi bangsa yang maju, serta sejajar dengan negara-negara maju di dunia," jelasnya.


Dia memgatakan tugas pemerintah adalah menyiapkan proses pembelajaran yang baik untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggulan.

Para pemuda diharapkan selalu fokus dan serius dalam mengikuti proses pembelajaran. Jangan sampai pemuda terjebak ke dalam kegiatan yang negatif.

Jangan terjebak dengan berbagai hal negatif, seperti narkoba, pornografi, dan berbagai kegiatan negatif lainnya.

"Itu yang harus kita hindari, demi SDM unggul memajukan NKRI,” katanya.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024