Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menerima kunjungan Dubes Thailand untuk Indonesia Songphol Sukchan beserta delegasinya di Kabupaten Minahasa Utara, membahas kerja sama sektor pertanian.

"Kami memberikan apresiasi atas kunjungan sekaligus membahas kemitraan antara pemerintah Thailand dan Sulawesi Utara," ujar Gubernur Olly, di Minahasa Utara, Rabu.

Kedatangan duta besar juga membawa investor yang rencananya akan membangun silo atau tempat penyimpanan jagung di provinsi ujung utara Sulawesi itu. 

Investor Thailand tertarik dengan besarnya potensi komoditas jagung di Sulut yang dapat diolah sebagai pangan dan produk lainnya.

"Sesuai rencana, silo tersebut akan dibangun di wilayah perbatasan Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow," sebut Gubernur.

Selain itu, Gubernur Olly dan Dubes Thailand juga menjajaki kerja sama pengembangan bibit jagung dan padi di Sulut yang diharapkan berdampak pada peningkatan produksi kedua komoditas unggulan tersebut. 

Saat berkunjung ke Sulut, Dubes Thailand bersama rombongan juga akan mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung untuk melihat peluang investasi yang bisa dimanfaatkan oleh investor negara tersebut. 

Dalam pertemuan, ikut dihadiri Sekdaprov Edwin Silangen, Kepala Dinas Pertanian Sulut Ir Novly Wowiling dan sejumlah investor Thailand.***1***
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024