Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara, melalui Asisten I Sekretariat daerah provinsi, Drs Eddyson Humiang,  mengatakan sekarang ada kesan anggota DPRD Manado jauh dari rakyat.  

"Saat ini ada kesan anggota DPRD itu jauh dengan masyarakat, dan hanya akan dekat dengan rakyat ketika ada maunya," kata Humiang, saat membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey,  sekaligus pemateri  dalam orientasi di Swissbell hotel Malesoan, Manado. 

Dia mengatakan memang itu barulah sebuah kesan, dan belum tentu 100 persen benar, tetapi harus menjadi peringatan bagi para legislator, agar dekat dengan masyarakat, juga memperbaiki kinerja dalam menjaring dan memperjuangkan nasib masyarakat. 

Humiang juga mengatakan, dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat, para legislator memiliki tiga fungsi, yakni menjalankan fungsi sebagai pengawas dan pengontrol jalannya pemerintahan, kemudian penganggaran dan legislasi. Drs Eddyson Humiang, saat membawakan materi di orientasi DPRD Manado. (Jo) (1)
Karena itu, dia mengatakan sebelum melaksanakan tugasnya itulah maka mengingatkan  para legislator untuk memahami dengan vebar semua fungsi itu. 

"Apalagi DPRD itu adalah perwakilan penyelenggara pemerintahan, dengan prinsip otonomi seluas-luasnya," katanya.

Dia menambahkan DPRD sebagai representasi masyarakat bertugas menjaring aspirasi masyarakat, termasuk pula di Kota Manado. 

Dialog antara asisten I dengan para legislator Manado berlangsubg hangat, karena ada banyak pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024