Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Inspektorat Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengajak seluruh masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam pengawasan pengelolaan dana desa (DanDes).
"Semua masyarakat, kami mintakan agar terlibat dalam pengawasan dana desa tahun ini," kata Kepala Inspektorat Mitra David Lalandos di Ratahan.
Ia menuturkan, masyarakat harus lebih terlibat dalam proses pengawasan terkait dengan pengelolaan dan pemanfaatan dana desa yang sesuai dengan aturan.
"Jangan hanya diam dan takut untuk terlibat dalam pengawasan dana desa ini," katanya. 
Selain itu David menegaskan aparat yang mengelolah dana desa tersebut harus transparan dan terbuka kepada masyarakat terkait anggaran yang dikelolah.
"Pemerintah desa wajib menyampaikan setiap program dan rincian anggarannya, jangan ditutup-tutupi karena masyarakat berhak untuk tahu," tegasnya. 
Namun menurutnya laporan penyelewengan dana desa tersebut akan ditindaklanjuti oleh Pemkab jika mempunyai bukti dan sesuai fakta di lapangan.
"Kami juga berharap untuk laporan ini disampaikan sesuai fakta, jangan hanya karena pribadi atau kelompok. Karena Pemkab juga menjamin kerahasian dari pelapor," tandasnya.***2***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024