Manado (ANTARA) - Otoritas Bandara (Otban) Wilayah VIII Manado terus mengoptimalkan pengawasan di Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Guna memastikan penerbangan sesuai dengan koridor keselamatan, keamanan dan pelayanan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Bandar Udara (OBU) Wilayah VIII – Manado, menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis dengan tema “Pemenuhan Regulasi Mewujudkan Keselamatan Penerbangan”," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti diwakili Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII – Manado Sarmanto di Manado, Senin.

Sarmanto mengatakan salah satu yang menjadi fokus dalam rakor ini adalah pelaksanaan fungsi pengawasan dan pengendalian dan tindaklanjut pengawasan khususnya di wilayah kerja Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII.

Pengawasan akan memberikan dampak yang positif jika hasil temuan ditindak lanjuti dan memberikan efek jera bagi yang melanggar ketentuan.

“Saya berharap, forum rapat koordinasi ini dapat dimanfaatkan se-optimal mungkin sehingga para peserta dapat menghasilkan solusi atas kendala-kendala yang terjadi dan saya juga berharap kepada para seluruh pimpinan BUBU, UPBU, LPPNPI, maskapai penerbangan dan jasa terkait bandara untuk berkomitmen dan konsisten dalam memenuhi dan mematuhi regulasi di bidang penerbangan sehingga keamananan, keselamatan dan kualitas pelayanan penerbangan dapat terwujud”, imbuh Sarmanto.

Dalam pelaksanaan rakor juga dilaksanakan paparan dari PT. Angkasa Pura I selaku penyelenggara Bandar Udara Sam Ratulangi Manado dan Bandar Udara Internasional Pattimura, UPBU Karel Sadsuitubun, maskapai Garuda Indonesia cabang Manado dan Ground Handling dari Langgang Buana Perkasa.

Turut hadir dalam acara tersebut para pejabat di lingkungan Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII – Manado, para Kepala Unit Penyelenggara Bandara Udara, para perwakilan PT. Angkasa Pura I, perwakilan AirNav Indonesia dan para perwakilan maskapai serta groundhandling yang berada dalam wilayah kerja Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024