Sulut, Tahuna (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, menghibahkan tanah seluas 24.569 Meter di Kampung Taloarane, Kecamatan Manganitu, kepada Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) untuk pembangunan kampus.

"Dokumen serah terima tanah hibah ditanda tangani Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana dan Direktur Politeknik Nusa Utara, Profesor Frans Gruber Ijong, Sekretaris Badan Keuangan Kabupaten Sangihe serta Kasubag Umum Politeknik, di Kampung Ngalipaeng, Kecamatan Mangsel," kata Kabid Aset Pemkab Sangihe, Cery Londo di Tahuna, Senin.

Menurut dia, penyerahan aset milik Pemkab Sangihe ke Polnustar merupakan bentuk kepedulian pemerintah kabupaten terhadap peningkatan sumber daya manusia yang ada di wilayah perbatasan.

Direktur Politeknik Prof. Frans Gruber Ijong, menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah daerah, yang sudah mengupayakan sehingga proses pemberian tanah dalam bentuk hibah dapat terwujud.

"Saya merasa terharu karena ini bagian tanggung jawab dari pemerintah daerah untuk mempersiapkan generasi bangsa kedepan, khususnya di Kabupaten Kepulauan Sangihe," ucap Ijong.

Dia mengatakan, kesempatan ini sudah lama dinantikan dan jajaran Polnustar sangat bersyukur sebab satu dokumen yang sangat penting untuk proses pembangunan kampus Politeknik Negeri Nusa Utara Di Manganitu telah ditandatangani bersama.

"Perlu saya sampaikan bahwa dokumen ini akan disatukan dalam dengan dokumen dari Badan Pembangunan Nasional (Bapenas), yang telah menetapkan melalui surat keputusan (SK) Ketua Bapenas," jelas dia.

Menurutnya, pada tahun 2020 Politeknik Negeri Nusa Utara, melalui satu proses Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), menerima alokasi anggaran sekitar Rp58 miliar untuk pembangunan kampus di Manganitu.

"Kami nanti akan sampaikan kepada Bupati dan Anggota DPRD Sangihe, perihal SK penetapan dari Bapenas, serta rencana pembangun kampus Politeknik Negeri Nusa Utara," tambahnya.

Frans Ijong juga menyampaikan kepada Camat Mangsel, para kapitalaung dan masyarakat di kecamatan Mangsel, bahwa telah terjadwal pada 5 Agustus 2019, Politeknik Negeri Nusa Utara akan menyelenggarakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di wilayah Kecamatan Mangsel.

"Kami mohon informasi ini dapat disebar luaskan kepada seluruh masyarakat, dan ini merupakan tahap ke dua, Politeknik Negeri Nusa Utara melaksanakan KKL di Wilayah Kecamatan Mangsel sejak tahun 2010 yang lalu," lanjut dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024