Manado (ANTARA) -
Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado membentuk mental kejuangan generasi muda melalui kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB).

Komandan Lantamal VIII Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, di Bitung, Sulawesi Utara, Selasa mengatakan, kegiatan BJRB diadakan dalam rangka membentuk sikap mental, kejuangan, cinta bahari dan semangat pengabdian yang tinggi dengan dilandasi oleh nilai-nilai Pancasila.

"Kegiatan ini juga untuk mengisi kegiatan liburan sekolah remaja putra-putri anggota keluarga TNI AL dan masyarakat pemerhati kelautan lainnya," katanya saat membuka BJRB di Lapangan Apel Satuan Kapal Patroli Lantamal VIII di Bitung.

Kegiatan itu mengangkat tema "Membina mental juang remaja bahari dengan menumbuhkan jiwa nasionalisme pada generasi muda".



Ia mengatakan Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbesar di dunia. Dimana dua pertiga wilayahnya adalah laut yang sangat kaya dengan berbagai macam sumber daya hayati.

"Sehingga kita wajib memberikan pamahaman kepada generasi muda bangsa Indonesia akan pentingnya menyiapkan sumber daya manusia yang mampu dan dapat mengembangkan potensi kelautan," katanya.

Menurut Danlantamal, BJRB merupakan wadah pembinaan yang sangat tepat untuk dilaksanakan bagi generasi penerus cita-cita bangsa.



"Materi pembinaan diorientasikan pada peningkatan mental kerohanian, ideologi, kejuangan, jasmani, kebaharian, kepemimpinan serta pencegahan kenakalan remaja," katanya.

Melalui BJRB ini, lanjut Danlantamal, berharap dapat membentuk karakter generasi muda penerus bangsa dan dapat meningkatkan akhlak, etika, budi pekerti, serta disiplin yang dilandasi semangat nasionalisme yang tinggi.



Kegiatan BJRB ini berlangsung 9- 11 Juli 2019 ini diikuti 80 peserta terdiri dari 45 Putra dan 35 Putri yang berasal dari putra putri anggota Lantamal VIII serta perwakilan Pelajar SMP dan SMA yang berada di Manado.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024