Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, tahun ini menyiapkan anggaran sekitar Rp 900 juta untuk menata Pulau Punten di Kecamatan Posumaen.
"Tahun ini anggarannya sudah kami siapkan. Dan saat ini sudah dalam tahapan tender," kata Kepala Pariwisata dan Kebudayaan Mitra Desthen Katiandago di Ratahan.
Penataan yang akan disiapkan pemerintah di kawasan tersebut yaitu, sistem transportasi pengunjung, pembuatan dermaga baik di pulau maupun dari wilayah desa Minanga. 
"Penataan di pulau tersebut sudah ada  konsep yang disiapkan  pihak pemerintah, diharapkan ini akan memberi kenikmatan sendiri bagi  para pengunjung pulau tersebut," kata Desthen.
Desthen mengakui, anggaran yang akan digunakan terbilang besar karena mempertimbangkan sisi transportasi untuk angkutan material dalam penataan pulau tersebut.
"Selain itu pembangunan dermaga baik di pulau maupun di daratan sebagai fasilitas penunjang bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Punten,” ungkapnya. 
Dia mengatakan, setelah penataan pulau selesai, akan dilihat lagi faslitas penunjang maupun hal lainnya yang akan disediakan di sana.
“Yang pasti kami melakukan penataan dulu agar dapat menarik minat para wisatawan," katanya.

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024