Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey optimistis investasi perusahaan Forever Oceans akan memantapkan sektor perikanan dan kelautan sebagai salah satu daya dorong pembangunan daerah.

"Peran sektor kelautan dan perikanan dapat mendukung upaya peningkatan perekonomian Sulut," ujar Gubernur Olly di Manado, Selasa.

Menurut Gubernur, baru kali ini ada investasi bernilai besar dari Amerika Serikat untuk sektor kelautan dan perikanan.

"Saya percaya perusahaan besar seperti Forever Oceans mempunyai akses permodalan, sumber daya manusia, teknologi dan pasar yang baik. Ini akan membawa perubahan kepada industri perikanan di daerah," sebut Gubernur.

Era sekarang, sebut dia, adalah sebuah masa dimana kerja sama dan kemitraan pemerintah dan pihak swasta merupakan kunci untuk melakukan lompatan menggapai perubahan ke arah yang lebih baik.

"Saya berharap instansi di Sulut khususnya Dinas Kelautan Perikanan dapat memberikan dukungan penuh kepada perusahaan ini," Olly.

Politisi PDI Perjuangan itu berharap, Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr dapat mendatangkan investor lainnya untuk berinvestasi ke daerah ini.

"Saya harap pak Dubes bisa mengajak investor lainnya ke sini. Banyak potensi yang bisa dikembangkan di provinsi ini," imbuh Olly.

Sebelumnya, "President of Forever Oceans Corporation" Jason Heckathorn mengatakan bahwa investasi tahap awal untuk pengembangan "Marine Culture" di Sulawesi Utara sebesar 50 juta dolar AS.

Spesies ikan yang akan menjadi proyek budi daya ikan lepas pantai tersebut yaitu "Amberjack" yang bisa ditemukan di perairan ini.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024