Manado (ANTARA) - Menjelang penerimaan siswa baru (PSB) di Manado, DPRD mengingatkan dinas pendidikan dan seluruh SMP di daerah tersebut, agar menampung semua lulusan SD setempat. 

"Kami harus mengingatkan seluruh sekolah lanjutan pertama sederajat di Manado, bahwa lulusan SD harus tertampung, karena infstrauktur sekolah sekarang rata-rata lengkap," kata Wakil ketua I DPRD Manado, Richard Sualang, di Manado, Senin. 

Dia mengatakan, sekarang yang perlu diatur adalah mekanisme penerimaan siswa baru, apakah harus manual dan diintervensi ataukah tetap online atau dalam jaringan karena mengikuti sistem yang berlaku sekarang. 

Ichad sapaan akrab ketua DPC PDIP Manado itu, mengatakan, memang kebanyakan di masyarakat masih berpandangan bahwa mutu sekolah negeri itu semuanya diatas rata-rata sehingga menginginkan anaknya bersekolah di SMP negeri. 

Tetapi katanya, masyarakat harus membuka wawasan, bahwa rata-rata sekolah mutunya baik baik swasta maupun negeri, sehingga tidak harus berpikir hanya pada SMP negeri saja. 

"Banyak sekolah swasta yang kualitasnya tidak kalah dengan negeri, jadi masyarakat terutama orang tua bisa menjadikanya sebagai alternatif ketika memasukan anak untuk melanjutkan pendidikan di SMP," katanya.   

Dia juga menambahkan sekarang jika ditinjau dari segi infrastruktur SMP di Manado sudah baik sehingga meskipun banyak, lulusan masih bisa ditampung di sekolah swasta dan sistem mengajarnya juga baik, bahkan ada yang bisa dikatakan istimewa. 

Karena menurutnya, ada SMP yang menggunakan sistem bilingual atau dua bahasa dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga bisa dikatakan kalau dari segi bahasa asing sama bahkan unggul dari sekolah lainnya. *** 
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024