Manado (ANTARA) - KPU Kota Manado, mulai menyiapkan logistik untuk pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) yang harus dilakukan, berdasarkan rekomendasi Bawaslu Manado. 

"Saat ini KPU sudah mulai menyiapkan logistik yang ada, melakukan pelipatan, dan melaporkan ke KPU RI sekaligus  berkoordinasi untuk membuat dan mencetak surat suara," kata Ketua KPU Manado, Sunday Rompas, di Manado, Selasa. 

Dia mengatakan, selain surat suara yang memang perlu penambahan maka para staf KPU mulai memobilisasi semua logsitik sehingga ketika waktunya tiba, semuanya tersedia.  Ketua KPU Manado, Sunday Rompas. (jo) (1)
Bahkan menurutnya, saat ini Kepala Sub Bagian Umum Keuangan dan Logistik, Joan Kotambunan sudah berada di Jakarta untuk berkoordinasi untuk pengadaan logistik PSU lainnya. 

Mengenai para pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya, di 15 TPS yang akan melaksanakan PSU, menurutnya akan tetap mengacu pada C7 yang berisikan daftar pemilih. 

"Jadi karena ada PSU untuk lima surat suara maupun 10 lainnya yang untuk presiden saja, kami melihat apakah pemilih di DPT, sampai ke DPK atau menggunakan KTP-el, juga akan diundang untuk menggunakan haknya," katanya.   
Artinya kata Rompas, para pemilih akan menerima undangan untuk menggunakan hak pilihnya di 15 TPS yang dimaksud, dan surat suara akan disesuaikan dengan jumlah tersebut. 

Berdasarkan data dari KPU Manado, Bawaslu merekomendasikan PSU di 15 TPS di Manado, dimana enam diantaranya adalah untuk lima surat suara yakni Presiden, DPD, DPR-RI DPRD provinsi dan DPRD Kota Manado. *** 
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024