Manado, (Antaranews Sulut) - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) akan terus berkoordinasi guna menekan angka inflasi di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) 2019 ini.
    
Kepala BI Perwakilan Sulut Soekowardojo mengatakan karena di awal tahun Manado telah mengalami inflasi sebesar 1,09 persen, karena dipengaruhi oleh harga tomat yang meningkat cukup signifikan di bulan Januari.
    
"Angka ini cukup tinggi dibandingkan dengan perkiraan BI yang berada di angka deflasi," kata Soekowardojo saat memimpin rapat TPID Sulut pertama tahun 2019 di Manado, Senin.
    
Soekowardojo mengatakan sehingga TPID dan di dalamnya instansi terkait harus saling bersinergi, bekerja keras sehingga mampu mengendalikan kelompok bahan makanan agar tetap stabil dan terkendali.
    
Dia menjelaskan memang di Kota Manado, yang sering menjadi pemicu inflasi yakni bahan makanan seperti tomat, cabai dan bawang.
    
"Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah baik provinsi maupun kabupaten dan kota, namun akan terus ditingkatkan lagi," jelasnya.
    Rapat perdana TPID Sulut tahun 2019. (1)  
Kepala Biro Perekonomian Pemprov Sulut Frangky Manumpil mengatakan pengawasan dan pemantauan harga di lapangan akan terus dilakukan setiap hari.
    
Koordinasi dengan BI, Dinas Pangan, Disperindag, satgas Pangan serta Badan Pusat Statistik (BPS) akan ditingkatkan sehingga data yang dihasilkan bisa lebih akurat.
    
Kepala Bidang Statistik dan Distribusi BPS Sulut Marthedy Tenggehi mengatakan komoditi tomat masih memicu Kota Manado, Provinsi Sulut mengalami inflasi sebesar 1,09 persen pada Januari 2019.
    
"Penyumbang inflasi terbesar di Kota Manado pada bulan Januari 2019 yaitu Tomat Sayur sebesar 0,3308 persen, sedangkan penyumbang deflasi terbesar adalah Cabai rawit sebesar 0,2563 persen," kata Ateng di Manado, Jumat.
    
Dia mengatakan perkembangan harga berbagai komoditas pada bulan Januari 2019 secara umum mengalami peningkatan. 
    
Kota Manado mengalami inflasi sebesar 1,09 persen atau terjadi peningkatan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 133,64 pada bulan Desember 2018 menjadi 135,09 di bulan Januari 2019. 
    
Perkembangan inflasi Kota Manado sampai dengan bulan Januari 2019 (inflasi tahun kalender) sebesar 1,09 persen, sedangkan inflasi “year on year” yaitu sebesar 4,45 persen.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024