Manado, 20/1 (Antara) - Kantor Imigrasi Manado menggelar berbagai kegiatan  dalam menyambut dan memeriahkan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-69 tahun 2019.
      "Sejumlah kegiatan telah dan akan dilaksanakan menyambut HBI tersebut" kata Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi  Manado, Friece Sumolang, di Manado, Minggu.
      Kegiatan telah dilaksanakan antara lain bhakti sosial bersih-bersih pantai di Bahu, dengan melibatkan pejabat maupun pegawai instansi itu.
       Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan kesadaran dari pejabat dan pegawai Kanim Manado akan pentingnya kebersihan lingkungan pantai.
       Ini juga untuk mendukung program pemerintah di bidang pariwisata dimana semakin banyaknya wiastawan, orang asing seperti dari China yang berkunjung ke wilayah Sulawesi Utara khusunya kota Manado. Pelaksanaan bersih-bersih pantai Kantor Imigrasi Manadi (foto ist) (1)
      "Selain itu juga melalui kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi pihak-pihak lain baik instansi pemerintah maupun swasta untuk melaksanakan kegiatan serupa sebagai bentuk dukungan untuk menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan," katanya.
      Ia menambahkan,  juga bagi masyarakat diharapkan agar memiliki kesadaran yang tinggi untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan termasuk di sungai, pantai atau laut.
      Dalam meningkatkan pelayanan, lanjut Sumolang, juga telah melaksanakan "Layanan PasporSimpatik" kepada masyarakat.
        Dalam kegiatan ini, memberikan layanan pengurusan paspor pada setiap hari Sabtu di bulan Januari  yakni tanggal 5, 12 dan 19 dimulai pukul 08.00 -12.00 WITA.
      Pelaksanaannya dengan sistem, "walk in"  atau datang langsung tanpa harus melakukan pendaftaran online.
      Pelayanan diberikan bagi pembuatan paspor baru dan penggantian paspor yang sudah habis masa berlaku, tidak berlaku untuk paspor hilang atau rusak.
    Kanim Manado juga akan melaksanakan funbike pada 2 Februari 2019, yang dimulai dan berakhir di Kanim Manado jalan 17 Agustus dengan melewati sejumlah jalan utama di Kota Manado.
       Serta akan melaksanakan Lomba Poco-poco Nusantara yang bakal diikuti instansi vertikal, SKPD provinsi, kabupaten dan kota serta BUMN dan BUMD. ***3***
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024