Manado, (Antaranews Sulut) - Pemerintah kota (Pemkot) Manado, mengimbau masyarakat Manado, untuk waspada terhadap bencana, dan mengungsi, menyusul tanah longsor di beberapa titik di daerah tersebut. 

"Senin tadi sudah terjadi beberapa kejadian tanah longsor, jadi warga yang tinggal di daerah rawan bencana, seperti di bawah maupun di atas bukit dan tepian daerah aliran sungai, harus mengungsi sementara," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manado, Maxmilian Tatahede, S.Sos, melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Jenny Bangonang, SE, di Manado.

  Tanah longsor di Manado. (jo) (1)

Bunda Jenny sapaan akrabnya, mengingatkan, hujan sudah turun lebih dari empat jam, dan itu artinya menjadi tanda awas, jangan sampai lengah dan jadi korban. 

"Awasi terus keadaan sekitar, dan segeralah mengungsi ke lokasi yang aman, sampai keadaan baik supaya tidak menjadi korban, terutama anak-anak, perempuan dan orang tua," katanya. 

Bunda Jenny juga mengingatkan masyarakat agar segera melapor kepada kepala lingkungan dan lurah, jika ada sesuatu, serta menghubungi call center 112 Manado untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.  
  Tanah longsor di Manado. (jo) (1)

Selain itu, menurutnya, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan, dalam hal ini Dinas Sosial, Tagana, RAPI, TNI dan kepolisian, sambil terus memeriksa keadaan di Manado. 

Dia juga mengatakan, terus mengingatkan para kepala wilayah, dalam hal ini lurah dan Camat untuk terus memantau kondisi, supaya bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Saat ini pemerintah juga sudah menyerahkan bantuan kepada para korban tanah longsor melalui dinas sosial, dan harapan kami masyarakat tetap waspada sehingga selalu aman," katanya.***  
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024