Manado, (Antaranews Sulut) - Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Manado, mengimbau seluruh warga Manado waspada bencana, karena hujan deras yang turun terus menerus. 

"Masyarakat harus waspada terutama yang tinggal di wilayah rawan banjir dan tanah longsor, supaya bisa menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan," Kata Kepala BPBD Manado, Maxmillian Tatahede, melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Jeanny Bangonang, SE, di Manado. 

Dia mengatakan, hujan yang turun terus berpotensi menyebabkan banjir dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan, dan sebisanya menyingkir dulu jika memang air mulai naik, juga bagi yang bermukim di perbukitan atau kemiringan pindah dulu. 

Selain mengimbau warga waspada, Bunda Jeanny demikian dia akrab disapa, juga sudah mengimbau seluruh camat dan lurah di Manado untuk terus memantau situasi dan saling berkoordinasi.

"Tetap waspada dan pantau terus kondisi sekitar, kemudia terus melaporkan perkembangan kondisi lingkungan, dan himbau terus warga agar menghindari bencana," katanya. 

Dengan demikian menurut Bunda Jeanny, bisa menghindarkan bencana atau jatuhnya korban jiwa, karena banjir maupun tanah longsor, yang bisa terjadi jika hujan terus turun. 

Meski demikian dia pun menyampaikan warga Manado tidak perlu panik, tetapi harus tetap waspada dan langsung menyingkir, terutama di kampung siaga bencana, karena pasti sudah tahu apa yang akan dilakukan.*** 


 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024