Minahasa Tenggara, (Antaranews Sulut) - Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa Tenggara Robby Ngongoloy mengingatkan kepada seluruh perangkat daerah agar mengarsipkan semua kegiatan, dan program yang telah dilaksanakan pemerintah kabupaten (Pemkab).

    "Semua kegiatan dan program Pemkab wajib diarsipkan oleh setiap perangkat.daerah," kata Robby di Ratahan, Selasa.

    Dia mengungkapkan proses pengarsipan sangat penting dan wajib dilaksanakan seluruh instansi pemerintahan, khususnya perangkat daerah.

    "Proses pengarsipan ini jangan dianggap sepele, justru ini sangat penting untuk dilaksanakan oleh semua perangkat daerah tanpa terkecuali," tegasnya.

   Ia menjelaskan, segala sesuatu terkait kebijakan serta program yang dijalankan oleh pemerintah wajib diarsipkan sehingga memberi kemudahan apabila diperlukan di kemudian hari.

    "Pengarsipan ini diperlukan jika di masa yang akan datang pemerintah memerlukan dokumen pendukung atau untuk pembanding," jelasnya.

    Selain itu ia juga meminta agar pengelola pengarsipan dapat dilaksanakan dengan baik, dan mudah untuk diakses baik untuk kebutuhan pemerintah maupun masyarakat.

   "Saya berharap penataan arsip dapat dilakukan dengan seksama dan teliti sesuai dengan kodefikasinya, serta menjaga keamanan dan kerahasiaanya. Penataan gudang arsip juga sangat penting agar semua arsip tertata rapi dan aman," tandasnya.***4***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024