Manado, (Antaranews Sulut) - Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut) akan dijangkau oleh proyek "Palapa Ring" untuk memenuhi ketersediaan jaringan telekomunikasi bagi masyarakat di wilayah tersebut.

"Palapa Ring adalah proyek infrastruktur telekomunikasi melalui pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 35.000 kilometer dan menjangkau 440 kabupaten dan kota,"kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Daerah Sulawesi Utara Jeti Pulu di Manado, Kamis.

Kementerian Komunikasi dan Informatika melaksanakan pembangunan infrastruktur ini dibagi menjadi tiga paket pekerjaan yaitu "Palapa Ring" barat, tengah dan timur.

Daerah-daerah di Sulut masuk dalam proyek "Palapa Ring" wilayah tengah yang meliputi Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara.

"Program ini dibangun untuk kabupaten dan kota yang tidak layak secara ekonomi dan bukan merupakan area pembangunan operator komersil," jelasnya.

Panjang kabel serat optik yang akan digelar di bawah laut proyek "Palapa Ring" tengah sekitar 2.995 kilometer yang menjangkau 27 kabupaten dan kota termasuk Kabupaten Kepulauan Sangihe.

"Progres "Palapa Ring" tengah sudah mencapai 77,49 persen dan masuk ke dalam tahap penggelaran kabel bawah laut di Kabupaten Minahasa," jelasnya.

Dia menambahkan, penggelaran kabel serat optik bawah laut di Kabupaten Minahasa akan dilaksanakan pada hari Jumat (25/5) dan dihadiri langsung Menteri Kominfo Rudiantara.

"Kehadiran proyek infrastruktur ini akan menyediakan jaringan telekomunikasi bagi daerah-daerah di Sulut yang belum dijangkau telekomunikasi termasuk internet," ujarnya.

(T.K011/B/G004/G004) 24-05-2018 07:47:38

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024