Manado, (Antaranews) - Bank Indonesia (BI) bersama-sama dengan perbankan yang beraktivitas di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) siap melayani penukaran uang jelang Lebaran tahun 2018.

"Berapapun yang akan ditukar masyarakat, kami siap memenuhinya," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Soekowardojo di Manado, Selasa.

Soekowardojo mengatakan Lebaran tahun ini pihaknya menyiapkan dana sebesar Rp2,9 triliun atau mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu hanya Rp2,7 miliar.
  BI bersama perbankan Sulut mulai lakukan penukaran uang jelang Lebaran 2018. (1)
Dia mengatakan semua bank umum yang beraktivitas di Sulut wajib membuka loket khusus untuk penukaran uang jelang Lebaran kali ini.

"Untuk hari pertama, semua bank menyiapkan Rp150 juga, jadi bagi masyarakat yang ingin menukar silahkan datang ke Kantor BI lama Pasar 45 Manado," kata Soekowardojo.

Hal ini dilakukan, sebagaumana duketahui bahwa dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 Tentang Mata Uang, Bank Indonesia memiliki kewajiban untuk mengedarkan uang rupiah kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut dalam pasal 22 ayat 4 diatur bahwa penukaran uang dilakukan oleh Bank lndonesia, bank yang beroperasi di Indonesia atau pihak lain yang ditunjuk oleh Bank lndonesia.
  BI bersama perbankan Sulut mulai lakukan penukaran uang jelang Lebaran 2018. (1)
Kegiatan Layanan Penukaran Uang yang akan dilakukan sejak hari ini sampai dengan tanggal 8 Juni 2018.

Hal ini merupakan salah satu langkah pengedaran untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam jenis pecahan yang sesuai dan dalam kondisi layak edar.

Sehubungan dengan itu, katanya, sinergitas antara Bank Indonesa dan perbankan dalam melaksanakan kegiatan penukaran uang rupiah khususnya pada saat menjelang hari raya keagamaan sangat diperlukan untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan uang masyarakat pada hari-hari tersebut.

(T.KR-NCY/C/S027/S027) 22-05-2018 12:37:52

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024