Manado, (Antaranews Sulut) - "Mercure Manado Tateli Beach Resort" mereduksi penggunaan botol plastik sebagai upaya mendukung pariwisata di Sulawesi Utara (Sulut), kata General Manager Vincent Archer di Manado.

"Kita sudah mencanangkan bebas penggunaan botol plastik mudah-mudahan ini bisa berjalan maksimal," kata Archer di Manado.

Ada beberapa hal yang mendasari inisiatif "Plastic Bottles Free" antara lain sebagai upaya mengurangi sampah plastik, serta meningkatkan kesadaran terhadap bahaya penggunaan produk plastik serta mendukung program "AccorHotels Planet 21".

Upaya ini lanjut dia, juga untuk mendukung program pemerintah provinsi tentang pelarangan penggunaan plastik sekali pakai (single-use plastic) seperti kantong plastik, sedotan, pengaduk kopi, botol soda dan air, dan sebagian besar kemasan makanan.

Program ini, kata Archer, dideklarasikan pemerintah provinsi pada tanggal 4 April 2018

Biasanya, kata dia, di setiap kamar digunakan wadah botol plastik sebagai tempat air, hanya saja setelah dicanangkan program ini, diganti wadah lainnya yang bukan berbahan dasar plastik.

"Mercure Plastic Bottles Free telah dicanangkan pada 14 Mei lalu. Mercure optimistis mampu mengurangi pemakaian botol plastik 100 persen di tahun 2018," katanya.

Sepanjang tahun 2017, sebanyak 107.647 botol 600 mililiter yang telah digunakan, katanya.

(T.K011/B/B012/B012) 21-05-2018 10:32:27

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024