Bolmong, (Antaranews Sulut) - Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow meminta semua tenaga medis khususnya yang bertugas di Puskesmas agar dapat memberikan pelayanan dengan cepat dan tepat kepada masyarakat.

"Tenaga medis harus berikan pelayanan cepat dan tepat kepada masyarakat, pekerjaan lebih berkualitas maka masyarakat pun senang," kata Bupati Yasti di Bolaang Mongondow, Selasa.

Ia mengatakan dalam pelayanan kesehatan paramedis yang ada di Puskesmas harus lebih profesional, kemudian harus sesuai standar operasional prosedur.

"Jangan sembarangan memberikan resep atau obat-obatan jika tidak paham, lebih baik bertanya daripada terjadi kesalahan. Optimalkan kinerja dan harus profesional," katanya.

Bupati mengatakan ke depan semua Puskesamas yang ada di Bolmomg akan ditingkatkan menjadi Puskesmas rawat inap. Sehingga masyarakat tidak lagi tergesa-gesa untuk merujuk pasien/keluarganya.

"Jika hanya sakit ringan kan tidak perlu dirujuk ke rumah sakit, jadi ke depan akan kami buat semua Puskesmas di Bolmong miliki ruang rawat inap," ungkap bupati.

Ia pun berharap agar masyarakat dapat mempergunakan Puskesmas yang telah dibangun dengan baik, fasilitasnya perlu dirawat agar tidak cepat rusak, sehingga anak cucu kita pun masih bisa merasakan akan apa yang telah dibangun sekarang.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Sahara Albugis menjelaskan Puskesmas adalah pusat penanganan medis tingkat pertama bagi masyarakat. Sehingga nantinya tidak perlu jauh-jauh ke rumah sakit, jika masih bisa disembuhkan melalui fasilitas yang ada di puskesmas.

"Tim medis di seluruh Puskesmas di Bolmong sudah berkualitas, begitu juga dengan alat-alat standar yang digunakan sudah memadai. Diharapkan agar masyarakat bisa sering konsultasikan penyakit sebelum ke rumah sakit, karena dengan keberadaan alat di Puskesmas pun bisa membantu masyarakat," ungkapnya.

Ia menambahkan pelayanan yang bermutu tentunya diharapkan untuk mewujudkan pembangunan kesehatan di wilayah Bolmong.

"Penanganan kesehatan harus sesuai standar, sehingga masyarakat yang berobat tidak kecewa atas pelayanan petugas medis, olehnya jika ada masukan dari masyarakat mengenai pelayanan di seluruh Puskesmas kami sangat terbuka," katanya.

Termasuk evaluasi akan kinerja seluruh tenaga medis di masing-masing Puskesmas yang ada di Bolmong, sehingga pelayanan berkualitas akan terus ditingkatkan.

"Ya, petugas medis harus bekerja sesuai standar operasional prosedur, etika profesi dan hormati hak pasien ini akan terus dalam pengawasan sesuai permintaan bupati," katanya.

(T.KR-MDY/C/G004/G004) 08-05-2018 23:26:44

Pewarta : Martsindy Adelfrits Rasuh

Copyright © ANTARA 2024