(LIPUTAN KHUSUS)

Manado, (Antaranews Sulut) - Wali Kota Manado Vicky Lumentut menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) kepala daerah 2017 kepada DPRD setempat.

"LKPJ merupakan amanat Undang Undang Nomor 3/2007, untuk dibahas bersama oleh komisi-komisi di DPRD dengan mitra kerja," kata Lumentut dalam paripurna terbuka untuk umum, yang dipimpin Ketua DPRD Manado, Noortje Henny Van Bone, di Manado, Senin.

Dia mengatakan, dalam LKPJ tersebut, termuat semua laporan penyelenggaraan pemerintahan selama setahun penuh, mulai dari pendapatan dan belanja daerah baik langsung maupun tidak langsung. Penyampaian pemandangan umum fraksi oleh Vanda Pinontoan. (Jo) (1)

Lumentut mengatakan termuat juga kebijakan umum pengelolaan keuangan daerah baik dari aspek pendapatan maupun belanja daerah, penyelenggaraan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan kewenangan umum pemerintahan.

Untuk pendapatan berasal dari PAD, dana perimbangan dan lain-lain pendapatan yang sah, yang ditargetkan sebesar Rp363,79 miliar terealisasi sebesar Rp402,36 miliar atau 110,6 persen dari target. para legislator ikut tekun mendengarkan penyampaian. (jo) (1)

"Kemudian dana perimbangan ditargetkan Rp1,06 triliun, terealisasi Rp1,03 triliun atau sebesar 96,96 persen, lalu lain-lain pendapatan daerah yang sah ditargetkan sebesar Rp251,12 miliar terealisasi sebesar Rp242,25 miliar atau 96,46 persen," katanya.

Dia mengatakan, secara umum target pendapatan 2017 sebesar Rp1,678 triliun terealisasi sebesar Rp1,676 triliun atau 99,98 persen dari target.

Sedangkan untuk belanja, kata Lumentut, ditetapkan Rp1,86 triliun dan terealisasi sebesar Rp1,57 triliun atau 88,54 persen dari target, dengan rincian belanja langsung dan tidak langsung. Para legislator mendengarkan pemaparan wali kota. (jo) (1)

Dia mengatakan belanja tidak langsung sebesar Rp687,80 miliar dan terealisasi sebesar Rp654,95 miliar kemudian belanja langsung sebesar Rp1, 17 triliun terealisasi Rp917,87 miliar atau 78,27 persen dari target.

Sementara enam fraksi di DPRD Manado, menerima untuk membahas LKPJ Wali Kota Manado 2017, di komisi-komisi untuk kemudian memberikan catatan penting yang dibutuhkan.

Fraksi Gerindra yang dibacakan Benny Parasan menyatakan menerima semua yang disampaikan oleh wali kota, demikian juga, dengan PDIP melalui juru bicara Pingkan Nuah menyatakan menerima,  Demokrat pun seperti disampaikan Vanda Pinontoan menerima.  Penyampaian pemandangan umum fraksi oleh Pingkan Nuah. (Jo) (1)m Demikian juga fraksi Hanura seperti dibacakan Dijana Pakasi menerima untuk membahas,  demikian juga PAN seperti disampaikan Mohammad Wongso menerima, Golkar seperti dibacakan oleh Sonny Lela juga menerima. 

Ketua DPRD Manado, Noortje Van Bone, mengatakan sudah menjadwalkan waktu pembahasan LKPJ oleh semua komisi bersama mitra kerja. 
"Jadwal sudah ditetapkan dan dimulai Selasa sampai beberapa waktu kedepan dan akan menyampaikan semua pandangan komisi terhadap realisasi pelaksanaan program kerja pemerintah selama setahun penuh," katanya. 

Catatan dari DPRD katanya akan menjadi acuan bagi pemerintah untuk melakukan perbaikan dan meningkatkan kinerja untuk tahun ini.



(T.KR-JHB/B/G004/G004) 16-04-2018 19:53:51

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024