Manado,  (Antarasulut) - Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado, melakukan berbagai persiapan menghadapi pelaksanaan ujian nasional bagi seluruh siswa SMP setempat.

"Kami sudah melakukan berbagai persiapan, untuk menghadapi pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) maupun ujian nasional berbasis komputer (UNBK)," kata Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Manado, Jongke Joudi Mogontha di Manado, Sulawesi Utara, Rabu.

Dia mengatakan, persiapan yang dilakukan itu antara lain adalah membahas penyusunan soal dalam musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dan musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) awal tahun ini.

Dia mengatakan, itu dari sisi penyusunan soal, sedangkan dari sisi para siswa, calon peserta ujian sudah dipersiapkan dengan mengikuti "try out" ujian dan sebelumnya mengikuti pengayaan pelajaran.

Pelaksanaan "try out", kata Mogontha, dilaksanakan selama tiga kali, pada Februari dua kali dan akhir pekan ini satu kali, yang diikuti oleh seluruh calon peserta ujian.

"Try out" itu, kata Mogontha, adalah dilaksanakan untuk persiapan menghadapi pelaksanaan UASBN, kemudian untuk mempersiapkan siswa mengikuti UNBK para siswa mengikuti simulasi.

"Simulasi sudah dilaksanakan untuk para siswa yang akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer sehingga benar-benar siap dalam melaksanakannya," katanya.

Secara umum, dia mengatakan, persiapan untuk pelaksanaan USBN dan UNBK sudah sekitar 90 persen, dan para siswa pun sudah disiapkan secara lahir maupun batin.
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B.

Copyright © ANTARA 2024