Manado 12/2 (Antaranews Sulut) - Fraksi Gerinda DPRD Sulawesi Utara mengingatkan empat alasan dalam pembentukan badan usaha milik daerah (BUMD) PD Jaminan Kredit Daerah yang perlu menjadi perhatian.

Juru Bicara Fraksi Gerindra Ferdinan Mewengkang, di Manado, Senin, mengatakan tentang pembentukan PD Jaminan Kredit Daerah setidaknya memenuhi bebarapa alasan berdirinya BUMD.

"Alasan tersebut yakni alasan ekonomis, alasan strategis, alasan budget dan alasan politik," kata Ferdinan pada Rapat Paripurna Pemandangan Umum Fraksi tentang Raperda Pembentukan BUMD PD Jaminan Kredit Daerah dan Raperda Pertambangan Mineral.

Ia mengatakan alasan budget memberikan ruang untuk BUMD mencari pendapatan di luar pajak retribusi dan dana perimbangan.

"Sedangkan alasan politik yang tidak kalah pentingnya, adalah harus berpijak mengutamakan kepentingan umum," katanya.

Ferdinan mengatakan pendirian perusahaan daerah bertujuan untuk pengembangan dan pembangunan potensi ekonomi yang dimiliki daerah itu sendiri.

Setiap daerah akan memiliki kekhususan masing-masing dari segi potensi dan sumber daya yang ada.

Sehingga BUMD memiliki kekhususan sangat penting dan strtegis dalam menunjang pelaksanaan otonomi daerah.

Otonomi daerah memberikan konsekuensi yang cukup besar bagi peran BUMD dalam menopang PAD dan melayani kepentingan umum atau "public service", bukan kepentingan pribadi atau kelompok tertentu.

Arah pembentukan BUMD harus sejalan dengan amanat Undang-undang dan dalam kerangka untuk merealisasi visi dan misi pemerintah.

Setidaknya BUMD dapat menggairahkan ekonomi kerakyatan serta meningkatkan kualitas dan dukungan permodalan bagi UMKM dan koperasi yang ada di daerah.

"Kami memahami bahwa usaha memperbaiki ekonomi pada semua lapisan merupakan upaya menekan angka kemiskinan dan keterbelakangan yang dialami masyarakat," katanya.

Disisi lain, lanjut Ferdinan, BUMD harus mampu bergerak sebagai badan perusahaan yang terfokus mencari keuntungan.

"Sudah sangat jelas pemerintah daerah merinci bahwa maksud dari pembentukan BUMD PD Jaminan Kredit Daerah adalah untuk meningkatkan kemampuan pendanaan dan memperlancar kegiatan dunia usaha guna meningkatakn pertumbuhan ekonomi," katanya. ***2***


(T.J009/B/G004/G004) 12-02-2018 21:39:34

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024