Manado, (Antara) - Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara Jimmy F Eman optimistis Kementerian Perdagangan membantu meningkatkan infrastruktur "Pasar Beriman" yang berada tak jauh dari pusat pertokoan.

"Saat Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengunjungi pasar ini, kami sudah sampaikan beberapa hal termasuk di dalamnya peningkatan infrastruktur pasar," kata Wali Kota Eman di Tomohon, Selasa.

Pada tahun 2012, 2015, dan 2016, kata Wali Kota, Kemendag telah mengucurkan bantuan miliaran rupiah untuk membangun infrastruktur "Pasar Beriman".

"Kami berharap Kemendag akan membantu pembangunan dua lantai termasuk lahan parkir di pasar ini. Hal ini sudah kami sampaikan ke Menteri dan mendapat respon baik," katanya.

Pembangunan pasar dua lantai itu, kata Wali Kota diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp5 miliar.

"Kita akan buat proposal baru dan dibawa ke Kemendag, mudah-mudahan usulan itu bisa dijawab," katanya.

Tak hanya pembangunan "Pasar Beriman", Pemerintah Kota Tomohon juga akan mengusulkan pembangunan pasar rakyat seperti yang baru saja bangun di Kecamatan Tomohon Barat dan Tomohon Selatan.

Pada akhir Oktober 2017 lalu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengunjungi "Pasar Beriman" memantau ketersediaan bahan kebutuhan pokok.

Menteri juga melihat langsung lapak-lapak pedagang serta berdialog dengan pedagang pasar grosir yang hanya dibuka pasa pukul 02.00-07.00 WITA.***4***

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Karel Alexander Polakitan
Copyright © ANTARA 2024