Tomohon, (Antara) - Direktur Utama Perusahaan Daerah Pasar Beriman Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) James Rotikan berharap pedagang memberlakukan harga wajar bagi wisatawan.

"Pasar tradisional Beriman Tomohon telah menjadi salah satu destinasi wisata dunia, sehingga tur operator terus membawa wisatawan menuju pasar ini bila melakukan perjalanan ke luar Manado," kata Rotikan di Tomohon, Kamis.

Frekuensi kunjungan wisatawan dari berbagai negara, kata dia, berlangsung hampir setiap hari dan puncaknya pada akhir pekan.

"Wisatawan dari Tiongkok paling banyak mengunjungi pasar ini, ini pertanda baik karena dapat meningkatkan perekonomian masyarakat termasuk pedagang," ujarnya.

Sebab menurut mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja itu, wisatawan mancanegara yang berkunjung tak hanya sekadar melihat-lihat, tetapi ikut berbelanja beberapa produk yang dijual pedagang.

Setelah melihat pasar ekstrem, wisatawan kemudian menuju ke lapak-lapak yang menjual buah-buahan, katanya.

"Mereka biasanya langsung mencicipi buah-buahan yang dibeli seperti jeruk ataupun durian. Meski begitu kami berharap pedagang tidak menjual dengan harga yang terlalu mahal, yang wajar-wajar saja, supaya ketika mereka pulang, mereka merasa puas," ajaknya.

PD Pasar lanjut dia, akan terus melakukan sosialisasi kepada semua pedagang agar berperilaku ramah kepada setiap wisatawan.

"Pasar Tomohon ini sudah mendunia, dan keramahan serta kenyamanan menjadi yang utama untuk daerah tujuan wisata," ujarnya.***1***







(T.K011/B/G004/G004) 23-11-2017 15:41:45

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024