Manado, 16/7/11 (Antara) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado, Sulawesi Utara, Kamis malam, menggelar paripurna mendengarkan laporan panitia khusus pembahas rencana pinjaman daerah kota Manado.
"Pansus DPRD secara resmi menyatakan menyetujui rencana pemerintah kota untuk mengajukan peminjaman kepada PT sarana multi infrastruktur (SMI)," kata Sekretaris Panitia khusus pembahas rencana peminjaman daerah DPRD Manado, Mona Cloer, saat membacakan hasil pembahasan Pansus, dalam paripurna Kamis malam.
Dia mengatakan, persetujuan resmi diberikan DPRD, secara kelembagaan setelah Pansus melakukan pembahasan selama kurang lebih dua pekan, dan berkonsultasi di BUMN tersebut.
"Pansus dipimpin pimpinan DPRD, melakukan konsultasi ke PT SMI, dan mendapatkan penjelasan mengenai BUMN tersebut, kedudukan hukum, serta kepemilikan saham di perusahaan itu," katanya.
Dia menjelaskan, berdasarkan penjelasan dari perusahaan tersebut, diketahui sahamnya 100 persen milik pemerintah RI, kemudian, ada dasar hukum yang jelas perusahaan itu antara lain, PMK 100/2009.
Sementara ketua DPRD Manado, Noortje Henny Van Bone, mengatakan, secara kelembagaan menyampaikan persetujuan kepada pemerintah untuk mengajukan peminjaman kepada perusahaan tersebut.
"Karena perusahaan itu, memiliki payung hukum yang jelas, dimana kepemilikan sahamnya 100 persen oleh pemerintah, juga karena dana tersebut perlu untuk percepatan pembangunan infrastruktur maka harus didukung," daerah.
Van Bone, mengatakan, yang paling penting adalah karena dana tersebut akan digunakan untuk membangun rumah sakit daerah, sarana air bersih dan pasar tradisional.
"Yang paling penting adalah rumah sakit, sebab diperlukan banyak orang untuk menolong dan membantu warga Manado, sebab sudah dilengkapi oleh alat kesehatan," katanya.
Sementara Wali Kota Manado Vicky Lumentut, menyampaikan terima kasih kepada semua anggota DPRD Manado, atas kesediaan membahas peminjaman dana ke PT SMI dan menyetujui permohonan tersebut.
Dia mengatakan, semua dana yang dipinjam di perusahaan tersebut, akan. Digunakan untuk kepentingan masyarakat Manado,karena untuk membangun semua sarana vital di Manado.
"Semua dana akan digunakan membangun rumah sakit daerah, pasar tradisional bersehati, serta air bersih," katanya. ***2***
(T.KR-JHB/B/H005/H005) 16-11-2017 21:34:21

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024