Manado, 25/9 (Antara) -Staf Khusus Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham) Nilton Hasibuan memantau pelaksanaan "Computer Assisted Test (CAT)" dalam seleksi penerimawn CPNS kementerian tersebut, di Manado.

Tes CAT bagi pelamar CPNS tingkat SLTA pada Kemenkumham Sulawesi Utara (Sulut) tersebut dilaksanakan di Kantor Regional XI Badan Kepegawaian Nasional Manado, dari 25-28 September 2017.

Nilton Hasibuan, di Manado, Senin, mengatakan dari pemantauan pelaksanaan tes CAT sudah berjalan dengan baik.

"Persiapan dilakukan baik, mulai tempat peserta menunggu, sampai bergerak menuju ruang tes sudah diatur dengan baik," katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan tes CAT tersebut tidak hanya dilakukan di Sulawesi Utara, tetapi secara nasional, seluruh provinsi.

Dengan sistem ini, maka apa yang dikuatirkan adanya kecurangan dalam proses seleksi penerimaam CPNS itu, bisa diatasi.

Sebab sistem ini menjamin semua proses berjalan dengan obyektif dan kujur, tidak ada intervensi, atur- mengatur.

Seleksi dengan sistem ini dilaksanakan secara terbuka bahkan keluarga, masyarakat bisa menyaksikan dari layar monitor hasil dari anak - anak atau peserta.

Ini jawaban pemerintah terhadap kritik-kritik dalam proses penerimaan CPNS, yang diduga selama ini ada kecurangan- kecurangan.

"Dengan sistem yang digunakan ini bisa berjalan dengan baik, dan tidak ada komplain baik dari peserta, keluarga, masyarakat," katanya.

Ia menambahkan melalui seleksi ini diharapkan pengadaan calon CPNS secara kualitatif sudah lebih baik.

"Proses seleksi yang baik akan menghasikkan ASN yang baik," katanya.

Pelaksanaan CAT tersebut diikuti sekitar 4.369 peserta berlangsung selama empat hari dan setiap harinya sebanyak 1.150 peserta mengikuti tes itu yang dilaksanakan dalam lima sesi. ***4***

(T.J009/B/G004/G004) 25-09-2017 23:58:25

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024