Manado, 20/9 (Antara) - PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXl) melakukan edukasi stentang e-commerce kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami berharap, dapat memperkuat keahlian dan kesiapan pengelola keuangan dalam menyusun anggaran dan keputusan pembelian yang transparan," kata Presiden Direktur PT Astragraphia Xprins Indonesia Sahat Sihombing di Manado, Rabu.

Sahat mengatakan E-Katalog sendiri menjadi instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang terbuka dan efisien.

"Melalui E-Katalog, pembelian barang dan jasa bisa dilakukan secara cepat dan mudah," katanya.

Satuan kerja hanya tinggal melakukan login dan melakukan pembelian melalui website https://E-Katalog.lkpp.go.id/.

Tidak seperti mekanisme pengadaan melalul tender, pembelian melalui E-Katalog tidak ada batasan nilai pembelian dan harga yang dimwarkan pun dapat dibandingkan dan dipertanggungjawabkan.

"Melalui sistem E-Katalog, waktu pengadaan menjadi lebih pendek, Iebih efisien, transparan, terbuka dan tercipta persafngan sehat antar sesama rekanan. Selain itu, dapat meminimalisir kebocoran anggaran, menghilangkan administrasi yang rumit, sehingga semua fni tentu mendukung upaya kita bersama dalam proses penyerapan anggaran pemerintah." ujar Agus Prabowo, Ketua LKPP RI beberapa waktu yang lalu.

Dengan menggunakan E-Katalog, tak perlu lagi repot mengadakan tender, sehingga mewujudkan kinerja yang efektif dan bahkan dapat menciptakan efisiensi anggaran negara yang digunakan untuk pengadaan barang dan jasa.

Menurut data LKPP, pengadaan barang dan jasa melalui sistem online saat ini sudah berhasil menghemat pengeluaran belanja sekitar 10 persen per tahun.

Penghematan tersebut dapat digunakan untuk semakin meningkatkan kualitas pendidikan, layanan kesehatan serta menciptakan lapangan kerja.

"Semangat hari jadi Sulut ke53 tahun ini mendorong pemerintah untuk mewujudkan "Sulut Kerja Hebat" yang siap memodernisasl pengadaan barang secara online dan transparan dengan mewujudkan value for money di lingkungan lembaga pemerintahan," ujar Jimmy Ringkuangan selaku Kepala Biro lnfrastruktur dan Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Provinsi Sulut.***3***



(T.KR-NCY/B/G004/G004) 20-09-2017 20:10:59

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024